Saturday, June 27, 2009

Stinger, virus removal tool

Saat ini kebanyakan kantor yang memakai komputer menggunakan free antivirus semacam AVG, Avira, Clamwin, dsb. Dan tidak jarang memakai antivirus hasil crack yg didownload lewat Torrent website, seperti misalnya Kaspersky.

Namun sehebat apapun antivirus yang anda punya, kadang-kadang tidak berhasil membendung beberapa jenis varian virus VBS Autorun, yang biasa-nya akan menjejali folder share anda dengan shortcut-shortcut gak jelas, seperti "new folder", "Harry Potter",Microsoft .lnk, dsb. Karena setiap kali dihapus, folder-folder tersebut bakalan balik lagi.

Walaupun saya sendiri sekarang masih berkutat untuk memerangi virus Autorun, saya ingin sekedar share beberapa metode dan tool yang saya punya. Beberapa metode tersebut sebenarnya bisa di-google, dan anda akan mendapatkan berbagai cara untuk menghentikan serangan virus tersebut. Metode saya sendiri lebih sederhana yaitu dengan menggunakan virus removal tool yang "stand alone" jadi tidak usah di-install dan menjadi antivirus kedua. Removal tool ini bernama Stinger, yang bisa didownload di link ini.



Setelah Stinger di-run, kita harus memilih folder/harddisk mana yang harus discan, hasilnya nanti adalah; semua folder2 shortcut tak berguna tersebut akan di-delete langsung termasuk virus VBS-nya sendiri.

Nah jika anda tersambung ke jaringan kantor anda, lebih baik jika terlebih dahulu setiap komputer di disconect dari jaringan supaya virus dari komputer lain tidak masuk lagi.

Mudahan-mudahan tips saya ini bisa membantu problem jaringan anda.

No comments: